Kartini, Rahmawati Ayu (2019) PENGARUH ACTIVE LEARNING DENGAN MEDIA POHON HITUNG TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG (Penelitian pada Siswa Kelas II SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0032_BABI_BABII_BABIII_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
15.0305.0032_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0032_LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Active Learning dengan
media pohon hitung terhadap peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas II
SD Negeri Ringinanom 2 Kecamatan tempuran Kabupaten Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-Experimental Designs,
khususnya pola one group pretest posttest design (tes awal-tes akhir kelompok
tunggal). Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability
sampling dengan jenis sample jenuh. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas II SD N Ringinanom 2 yang berjumlah 26 siswa dan
sampel yang diambil seluruh siswa kelas II SD N Ringinananom 2 yang
berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Uji
validitas instrument tes dengan menggunakan rumus product moment dan uji
reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha sedangkan uji hipotesis
menggunakan paired sampel t Test dengan bantuan program SPSS for Windows
versi 23.00.
Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Active Learning dengan
media pohon hitung berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung siswa.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis paired sampel t Test dengan nilai sig. (2-
tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat
perbedaan skor rata-rata pada pretes dan posttest. Skor rata-rata pretes 51 dan skor
rata-rata posttest 78. Pengujian hipotesis dengan t Hitung (-18,458) yang lebih
besar dari t tabel (2,059) menunjukkan bahwa Active Learning dengan media
pohon hitung berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons (0008015701) dan Ahmad Syarif, M.Or (0630038903)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Pohon Hitung, Kemampuan Berhitung
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:42
Last Modified: 19 Dec 2019 04:42
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item View Item