Lindarti, Lindarti (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL(CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING) DENGAN LKS IPA KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD N 4 Kemloko, Kecamatan Kranggan,Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0025_BAB I_BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (849kB) | Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0025_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (247kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0025_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0025_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Skripsi)
15.0305.0025_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (399kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas V
Sekolah Dasar Negeri 4 Kemloko, Kecamatan Kranggan, Kabupaten
Temanggung.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model Quasi
Eksperimen. Subyek penelitian dipilih secara sampling total. Sampel yang diambil
sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa
sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
tes. Uji validitas instrument hasil belajar mengunakan rumus product moment
sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan
program SPSS for windows 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas,
uji homogenitas, dan uji hipotesis. Uji normalitas menggunakan rumus uji
Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan uji
annova sedangkan uji hipotesis menggunakan rumus Independent Sample T-Test
dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL
(Contextual Teaching and Learning) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Independent Sample T-Test pada
kelompok eksperimen dengan signifikan 0,00 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis
dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes hasil belajar antara
kelompok eksperimen sebesar 80,5 dan kelompok kontrol sebesar 71,25.
Berdasarkan kolom T-test for equality of means (hipotesis) diatas, dapat diketahui
bahwa nilai t hitung = 3,828. Dari perhitungan tersebut diperoleh 3,828 >
2,02439. Hasil dari penelitian dapat disimpulan bahwa penggunaan model
pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) berpengaruh positif
terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra.Indiati M. Pd (0028036001) dan Dhuta Sukmarani M. Si (0609088701) |
Uncontrolled Keywords: | Model CTL (Contextual Teaching and Learning), hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 04:39 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1118 |
Actions (login required)
View Item |