Aningsih, Anisa Triasti (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC DENGAN MEDIA PURAWA (PUZZLE AKSARA JAWA) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV di SDN Medari Ngadirejo Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0018_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (569kB) | Preview |
Abstract
Menulis aksara Jawa merupakan salah satu pembelajaran yang sulit bagi sisiwa, sehingga siswa pasif dalam pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan keterampilan menulis aksara Jawa rendah, oleh hal itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Medari Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design, khususnya pola Quasi Experimental Design. Pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) terhadap ketrampilan menulis Aksara Jawa pada siswa kelas IV di SD Negeri Medari berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen, sedangkan siswa kelas IV di SD Negeri Karanggedong berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengumpulan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan Uji One Way Anova dengan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa) berpengaruh terhadap keterampilan menulis Aksara Jawa. Dibuktikan dengan hail analisis uji One Way Anava pada tes dengan nilai probabilitas yang diperoleh pada tingkat signifikansi 0,05, nilai F hitung = 45.584 > F0,05 (3;116) sebesar 2.68. Sedangkan hasil observasi dengan analisis One Way Anova diperoleh probabilitas nilai signifikansi F hitung = 45.584 > F0,05 (3;116).
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons (0002086001) dan Galih Istiningsih, M.Pd, (0619018901) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran CIRC dengan Media PURAWA (Puzzle Aksara Jawa), Keterampilan Menulis |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Jamzanah Wahyu Widayati |
Date Deposited: | 19 Dec 2019 04:37 |
Last Modified: | 19 Dec 2019 04:37 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1116 |
Actions (login required)
View Item |