ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang)

Cahyadamayanti, Lasmini Putri (2019) ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA PEMBELAJARANBAHASA INDONESIA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (800kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0016_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0016_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0016_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dinamika dan faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif. Subjek utama dalam penelitian ini adalah siswa, dan melebar ke guru, dan orang tua siswa kelas I SD Negeri Girirejo. Lokasi penelitian di SD Negeri Girirejo Kecamatan Tegalrejo Kabupaten Magelang. Pengambilan sampling dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik snowball sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat dinamika yang dialami oleh siswa pada saat pembelajaran membaca permulaan meskipun perubahanya secara fluktuatif tegantung dari minat siswa terhadap bahan bacaan. Hal ini dikarenakan terdapat faktor penghambat kemampuan membaca permulaan pada pembelajaran bahasa Indonesia baik yang berasal dari internal maupun eksternal. Faktor internal yaitu : (1) kondisi fisik, (2) kognitif, dan (3) minat. Faktor yang berasal dari luar siswa yaitu (1) Lingkungan Keluarga terdiri dari latar belakang pengalaman siswa dan kondisi sosial ekonomi siswa (2) lingkungan sekolah meliputi cara mengajar guru, sarana dan prasarana, serta program sekolah yang menunjang

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr Riana Mashar, M.Si,Psi (0614107401) dan Agristo Bintang A.P, M.Pd (0605078801)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, kemampuan membaca, Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Jamzanah Wahyu Widayati
Date Deposited: 19 Dec 2019 04:37
Last Modified: 19 Dec 2019 04:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1115

Actions (login required)

View Item View Item