Khusna, Amanah Nurul (2018) KORELASI ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANGTUA DAN KETERLIBATAN ORANGTUA DENGAN EMERGENT LITERACY SKILLS(Penelitian di Kelas I SDIT Al Muhajirin Sawangan Kecamatan Sawangan). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0028 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (618kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0304.0028 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0028 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0304.0028 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara tingkat pendidikan orangtua dan keterlibatan orangtua dengan emergent literacy skills. Penelitian dilakukan di kelas I SDIT Al Muhajirin Sawangan Kabupaten Magelang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 yang terdiri dari 47 orangtua siswa dan 47 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket, pencermatan dokumen tingkat pendidikan orangtua, dan tes get ready to read. Uji validitas instrumen angket keterlibatan orangtua menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS versi 22 for Windows. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi statistik parametrik dengan bantuan SPSS versi 22 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat korelasi positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dengan emergent literacy skills, nilai rhitung sebesar 0,907 dan persentase hubungan sebesar 81,9 %, 2) terdapat korelasi positif dan signifikan antara keterlibatan orangtua dengan emergent literacy skills, nilai rhitung sebesar 0,841 dan persentase sebesar 70,7 %, 3) terdapat korelasi positif dan signifikan antara tingkat pendidikan orangtua dan keterlibatan orangtua dengan emergent literacy skills, nilai rhitung sebesar 0,911 dan persentase hubungan antara ketiga variabel sebesar 83 %. Dengan demikian, tingkat pendidikan orangtua dan keterlibatan orangtua secara bersama-sama memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap emergent literacy skills anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Lilis Madyawati, M. Si. dan Febru Puji Astuti, M. Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | tingkat pendidikan orangtua, keterlibatan orangtua, emergent literacy skills |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 27 Apr 2019 03:20 |
Last Modified: | 29 Apr 2019 06:31 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/109 |
Actions (login required)
View Item |