PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAPPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK(Penelitian Pada Siswa TK Serbaguna Kemanukan Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018)

Mumainah, Mima (2018) PENGARUH BERMAIN BALOK TERHADAPPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK(Penelitian Pada Siswa TK Serbaguna Kemanukan Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0304.0031 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DATAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0031 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0031 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0304.0031 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh bermain balok terhadap keterampilan sosial anak pada siswa Taman Kanak kanak Serbaguna Kemanukan Kabupaten Purworejo. Keterampilan sosial sangat penting dimiliki setiap orang, oleh karena itu keterampilan sosial perlu ditingkatkan sejak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam eksperimen ini dimulai dari kondisi awal siswa berdasarkan hasil observasi yang diketahui peneliti berupa pengamatan terhadap keterampilan sosial pada siswa Taman Kanak – kanak Serbaguna Kemanukan Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 20172018.Subyek penelitian adalah Kelompok B pada Taman Kanak – kanak Serbaguna Kemanukan Kabupaten Purworejo dengan jumlah 15 anak.Lokasi ini dipilih karena lokasi penelitian yang relevan dengan kondisi masalah yang ada di lapangan bahwa masih ditemukan beberapa siswa yang keterampilan sosialnya masih rendah. Instrumen pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Lembar Observasi yang diisi oleh guru. Pada pengukuran awal keterampilan sosial masih rendah artinya nilai yang diperoleh minimum 43 dan nilai maksimum 60 sehingga diperoleh nilai mean sebanyak 50,82. Setelah kegiatan bermain balok dilaksanakan sebanyak 8 kali, peneliti melakukan pengukuran akhir. Hasil yang diperoleh dari pengukuran akhir tersebut adalah nilai minimum yang diperoleh 78 dan nilai maksimum 88 maka diperoleh nilai mean sebanyak 81,8. Sehingga dalam hipotesis bahwa bermain balok dapat berpengaruh terhadap keterampilan sosial anak terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr.Purwati, MS.,Kons, dan Hermahayu, M.Si. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Sosial, Media Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 02:37
Last Modified: 29 Apr 2019 06:04
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item