Purnamasari, Nina (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN AL QUR’AN MELALUI METODE AL BARQY TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH(Penelitian Pada Kelompok B PAUD Aisyiyah Budi Mulia Kalibening, Kecamatan Dukun , Kabupaten Magelang, pada Tahun Ajaran 2017/2018). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0304.0023 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0304.0023 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0304.0023 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0304.0023 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Al Qur’an Metode Al Barqy terhadap peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah di PAUD ‘Aisyiyah Budi Mulia Kalibening Dukun Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimential dengan model total pre-post test Design. Subjek Penelitian dipilih secara total sampling. Sampel yang diambil sebanyak 17 yaitu seluruh siswa kelompok B Paud Budi Mulia Kalibening. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Uji validitas instrumen lembar observasi kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dilakukan dengan menggunakan Profesional Judgment. Analisis data menggunakan teknik statistik non parametrik yaitu Uji wilcoxon non parametris dengan bantuan SPSS for windows versi 21.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Al Qur’an Metode Al Barqy berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji wilcoxon pada seluruh anak yang memiliki nilai Zhitung -3.626a dengan Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh penggunaan pembelajaran Al Qur’’an Metode Al Barqy terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai rata-rata indikator lembar observasi kemampuan membaca huruf hijaiyah anak sebelum dilakukan treatment sebesar 92,06 skor dan setelah dilakukan treatment sebesar 115,12 skor. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran Al Qur’an metode Al Barqy berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Additional Information: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Febru Puji Astuti, M.Pd (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al Qur’an, Metode Al Barqy, Huruf Hijaiyah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Soffa KIM |
Date Deposited: | 27 Apr 2019 02:36 |
Last Modified: | 27 Apr 2019 02:36 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/101 |
Actions (login required)
View Item |